Cara Disable Autorun Windows untuk Cegah Virus

Autorun atau yang biasa disebut Autoplay, adalah sebuah fitur pada windows yang berfungsi untuk menjalankan CD atau Removable Disk secara otomatis. Autorun atau bisa diartikan Otomatis Lari, maksudnya adalah di dalam CD atau removable Disk kita ada file Autorun.Inf yang biasanya berisi perintah untuk menjalankan suatu aplikasi ataupun sebagainya. Fitur ini cukup bermanfaat karena kita diberi kemudahan untuk mengakses cd atau removable disk secara praktis tanpa harus membukanya secara manual. Tetapi, manfaat dan kepraktisan tersebut sekarang banyak dimanfaatkan oleh pembuat virus sebagai jalan masuknya virus secara otomatis dan tanpa kita sadari di dalam File Autorun.Inf yang dibuat virus, terdapat perintah untuk menjalankan file yang dapat merusak system operasi (OS). Oleh sebab itu, tidak ada salahnya kalau kita sebaiknya mematikan autorun ini. Cara mematikan atau disable Autorun yaitu:

  1.  Jalankan Run dengan cara klik Start → Run atau dengan Tombol Windows & R
     Lalu ketikkan gpedit.msc lalu Enter untuk membuka Group Policy Editor . Sebenarnya ada dua cara yang bisa dipakai yaitu dengan Group Policy Editor dan dengan Registry Editor. Namun saya anjurkan memakai Group Policy Editor karena bisa langsung berfungsi dibandingkan dengan Registry Editor yang dimana komputer harus direstart dahulu.

  2.  Klik User Configuration Administrative Templates System → lalu klik 2 kali Turn Off Autoplay.
    Tampilan Grop Policy Editor nya seperti gambar berikut:

    Group Policy Editor
  3. Setelah itu pilih Enabled, dan pada Turn off Autoplay On : pilih All Drives lalu klik Ok. Screen shotnya seperti berikut :
  4. Selesai. Semoga bermanfaat dan jangan lupa comment ya.

{ 0 comments... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

 
Kumpulan Cara © 2012 | Template By Jasriman Sukri